Kapolri: Sinar Salah Satu Pemasukan Negara Dan Tanpa Antre

JAKARTA—Politicanews: Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan dengan peluncuran layanan perpanjangan SIM Online atau SIM Nasional Presisi (Sinar) ini dipercaya dapat meningkatkan pemohon, yang secara tidak langsung juga meningkatkan penerimaan negara.

Selanjutnya, dalam presentasi peluncuran Sinar dikatakan bahwa setiap harinya Polri menerima permohonan sebanyak 900.000 sampai 1 juta pemohon di seluruh Indonesia yang melakukan perpanjangan dan pembuatan SIM secara online.

Kapolri juga menyampaikan dengan adanya kemudahan yang tentunya jumlah pemohon SIM akan lebih meningkat.

“Tentunya karena ini akan mengurangi antrean, mengurangi jumlah penumpukan orang (pemohon), dan semua kemudahan-kemudahan,” ucap Kapolri dalam peluncuran SIM Nasional Presisi (Sinar) secara virtual di kanal Youtube NTMC Polri, Rabu (13/4).

Kapolri Listyo Sigit Prabowo juga menambahkan bahwa dirinya optimis jumlah masyarakat yang memohon atau melakukan perpanjangan SIM akan lebih jauh meningkat.

“Dan ini juga tentunya bermanfaat bagi negara, karena memang ada PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) atau pajak yang masuk untuk negara, jadi ini tentunya baik untuk kita semuanya,” tambah Sigit.

Menurut Sigit, selain menambah pemasukan negara dan bertambahnya pemilik SIM juga bisa berdampak pada kecakapan masyarakat dalam berkendara.

Selain itu, jika pemilik SIM semakin banyak, jumlah orang yang sadar dan tertib mengenai aturan berlalu lintas yang juga bisa meningkat.

Perlu diketahui juga bahwa Polri mengklaim aplikasi ini merupakan terobosan layanan perpanjangan SIM Online menjadi yang pertama di dunia.

“Berdasarkan informasi dari teman-teman yang berada diluar seperti itu, dan memang aplikasi ini baru pertama kali ada di Indonesia,” ujar Sigit.

Dia juga menuturkan untuk rekan-rekan mengecek aplikasi ini dan memberi masukan untuk aplikasi ini agar tetap terus diperbaharui.

“Namun demikian rekan-rekan bisa mengecek sendiri kebenarannya. Tapi intinya kami berusaha untuk membuat yang terbaik untuk masyarakat,” tutur Sigit (ak).

Tinggalkan Balasan